Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di MAN 2 Model Medan
Main Author: | Utami, Gayatri Putri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/8040/1/Gayatri%20Putri%20Utami.pdf http://repository.uinsu.ac.id/8040/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 4) Interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model T.P. 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IA-1 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IA-2 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Data diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemahaman konsep dan 4 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji teknik Two Way ANAVA dan dianjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diberi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa.