Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan

Main Author: Nasution, Siti Aspiah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8035/1/Siti%20Aspiah%20nasution%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8035/
ctrlnum 8035
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/8035/</relation><title>Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan</title><creator>Nasution, Siti Aspiah</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Muallimin Univa Medan yang terdiri atas sepuluh kelas yang berjumlah 322 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas VII+B sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII+D sebagai kelas eksperimen B. Data yang diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptifd dan menggunakan uji independent sample t-test.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tergolong baik dilihat dari nilai rata-rata 82,92. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) tergolong baik hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest dengan nilai rata-rata 75,85. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t di mana diperoleh nilai thitung &gt; ttabel atau 2,32 &gt; 2,01.</description><date>2019</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/8035/1/Siti%20Aspiah%20nasution%20.pdf</identifier><identifier> Nasution, Siti Aspiah (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>8035</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nasution, Siti Aspiah
title Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Diajar Dengan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MTs Muallimin UNIVA Medan
publishDate 2019
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url http://repository.uinsu.ac.id/8035/1/Siti%20Aspiah%20nasution%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8035/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Muallimin Univa Medan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Muallimin Univa Medan yang terdiri atas sepuluh kelas yang berjumlah 322 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas VII+B sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII+D sebagai kelas eksperimen B. Data yang diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptifd dan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tergolong baik dilihat dari nilai rata-rata 82,92. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) tergolong baik hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest dengan nilai rata-rata 75,85. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t di mana diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,32 > 2,01.
id IOS2781.8035
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2020-02-01T14:17:38Z
last_indexed 2020-02-01T14:17:38Z
recordtype dc
_version_ 1765850864348561408
score 17.538404