Analisis Kemampuan Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Keberhasilan Program Tahfiz Al-Qur’an Di MTs. Mu’allimin UNIVA Medan

Main Author: Matondang, Nur Halimah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8010/1/SKIRPSIII.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8010/
Daftar Isi:
  • Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan guru pembimbing dalam pelaksanaan program tahfiz Al-qur’an,(2) Penggunaan metode yaang digunakan pembimbing dalam program Tahfiz Al-qur’an.,(3)Upaya guru pembimbing dalam meningkatkan keberhasilan program Tahfiz Al-qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitiatif deskriptif dengan pendekatan fenomologi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian data disajikan melalui proses reduksi data, penyajian data serta pembuatan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian ditemukan hasil bahwa:(1) kemampuan guru pembimbing dalam pelaksanaan Program Tahfiz Al-Qur’an di Mts Mu’allimin telah memiliki kemampuan yang bagus dan mengalami peningkatan. (2)Penggunaan Metode Yang Digunakan Pembimbing Dalam Program Tahfiz Al-qur’an yaitu dengan metode mengulang-ngulang ayat yang akan dihafal beberapa kali. (3)Upaya Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Keberhasilan Program Tahfiz Al-qur’an di Mts Mu’allimin UNIVA Medan salah satu cara yang dilakukan yaitu adanya sebuah Program Klinik Al-Qur’an.