Pengaruh Bermain Balok Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ummi Erni Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Dari, Wulan
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8003/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8003/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh bermain balok terhadap kecerdasan logika matematika di Tk Ummi Erni, 2) pengaruh kegiatan mewarnai terhadap kecerdasan logika matematika di Tk Ummi Erni, 3) perbedaan pengaruh bermain balok dengan kegiatan mewarnai terhadap kecerdasan logika matematika Di Tk Ummi Erni Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 60 anak dan sampelnya adalah 30 dari jumlah siswa . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi dokumentasi, dan teknik analisis data, menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Adanya pengaruh yang signitifikan antara bermain balok terhadap kecerdasan logika matematika anak yaitu thitung = 16,78, dengan taraf α = 0,05, 2) Tidak ada pengaruhnya kegiatan mewarnai terhadap kecerdasan logika matematika anak yaitu dengan thitung = 4,81, dengan taraf α = 0,05, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan dari berain balok dan kegiatan mewarnai terhadap kecerdasan logika matematikan dengan thitung > ttabel yaitu 6,6350 > 2,048, dengan taraf α = 0,05.