Hubungan Budaya Sekolah Dan Keteladanan Guru Dengan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 050772 Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

Main Author: Nasution, Khairani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7988/1/TESIS%20KHAIRINA%20NST.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7988/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan budaya sekolah dan keteladanan guru dengan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri 050772 Pangkalan Susu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang diambil 21% dari jumlah populasi yaitu 141 siswa. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa skala Likert. Kuisioner disusun berdasarkan indikator variabel dan selanjutnya diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui tiga tahap proses yaitu: 1. Mendeskripsikan data variabel penelitian, 2. Menguji persyaratan analisis, 3. Menguji hipotesis untuk mengungkapkan hubungan antara variabel penelitian menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data dan proses pengujian ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) budaya sekolah memiliki hubungan yang positif dengan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri 050772 Pangkalan Susu. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi r (0,504) > r tabel (0,3061) dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05; (2) Keteladaanan guru memiliki hubungan yang positif dengan karakter siswa Sekolah Dasar 050772 Pangkalan Susu, hal ini dibuktikandengan koefesien korelasi r (0,603) > r tabel (0,3061) dengan nilai signifikansi 0,006 lebih kecil dari 0,05; (3) Budaya sekolah dan keteladanan guru memiliki hubungan yang positif dengan karakter siswa Sekolah Dasar 050772 Pangkalan Susu, hal ini dibuktikan dengan koefesien korelasi r (0,662) > r tabel (0,3061), hasil uji F yang menunjukkan F hitung (10,506) > F tabel (3,35), dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Atas dasar penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa karakter siswa dapat dibentuk melalui budaya sekolah dan keteladanan guru.