Konsep Etika Peserta Didik Menurut Kh Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim

Main Author: Hasibuan, Sri Wahyuni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7986/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7986/
Daftar Isi:
  • Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apa saja etika peserta didik menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. 2) Untuk mengetahui penerapan etika peserta didik menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan pendekatan studi tokoh melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa: 1) menelusuri kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari mengenai konsep etika peserta didik sebagai data primer, 2) menelusuri terjemahan kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya K.H. Hasyim Asy’ari. 3) mempelajari serta memahami kajian yang terdapat dalam buku-buku yang menjadi sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa K.H. Hasyim Asy’ari berpandangan bahwa sebagai peserta didik harus berilmu pengetahuan dan berusaha mengamalkannya serta memiliki etika yang benar, artinya mempunyai sikap yang sesuai dengan kaidah atau nilai dalam pendidikan Islam. Adapun konsep yang lebih spesifik tentang etika-etika yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik adalah etika peserta didik terhadap dirinya, gurunya, terhadap pembelajarannya, dan konsep etika peserta didik terhadap sumber ilmu seperti buku-buku maupun kitab-kitabnya. Peneliti menyajikan bagaimana konsep etika peserta didik menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim beserta analisisnya. Dengan harapan bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap dunia pendidikan khususnya bagi para subjek pendidikan.