Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (RA) Nurhayati Kecamatan Medan Tembung T.A. 2018/2019
Main Author: | Sidabutar, Desi Maisura |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7956/1/Refisi%20Skripsi%20Deyxiiee.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7956/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di RA Nurhayati Kecamatan Medan Tembung, pada tanggal 25 Februari sampai 9 Maret 2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Designs dengan desain Non Equevalent Control Group Design. Populasi sebanyak 29 anak dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kecerdasan linguistik anak (2) Kecerdasan linguistik anak menggunakan media pop up book (3) Pengaruh yang signifikan media pop up book terhadap kecerdasan linguistik anak di RA Nurhayati Kecamatan Medan Tembung T.A. 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book berpengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak usia 5-6 tahun. Hal ini tergambar dengan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata pre-test 26,72 dan rata-rata post-test 52,08. Sehingga kecerdasan linguistik anak di kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol dengan rata-rata pre-test 25 dan rata-rata post-test 44,83. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,226>2,131 dengan angka signifikan sebesar . Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan Ada Pengaruh yang Signifikan dari Penggunaan Media Pop Up Book terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurhayati Kecamatan Medan Tembung T.A. 2018/2019.