Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat Melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Mis Nurul Hidayah Medan

Main Author: Tanjung, Muhammad Ikhsan
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7916/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7916/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan melalui Model Make A Match . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan Model Make A Match, lembar observasi keaktifan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan mengalami peningkatan. Peningkatan persentase hasil belajar siswa untuk setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 34,78%, siklus II sebesar 47,83%, dan untuk siklus III sebesar 78,26%.