Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dan Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Trigonometri Kelas X Taman Madya (SMA) Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Manurung, Siti Zahara
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7910/1/SKRIPSI%20SITI%20ZAHARA%20MANURUNG%20%2835153061%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7910/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; 2) Pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 4) Interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan kemampuan koneksi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Taman Madya (SMA) Tamansiswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa di kelas X IPA-1 dan 20 siswa di kelas X IPA-2. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Think Talk Write dengan strategi pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Think Talk Write dengan strategi pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Think Talk Write dengan strategi pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan koneksi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan kemampuan koneksi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.