Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Pair Check Terhadap Kemampuan Logika Berpikir dan Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMA Negeri 2 Kirasan T.P 2018/2019
Main Author: | Marpaung, Marya Ulfa |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7906/1/SKRIPSI%20MARYA%20ULFA%20MARPAUNG.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7906/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 144 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan logika berpikir dan kemampuan kreativitas siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan Logika Berpikir dan Kemampuan Kreativitas Siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check pada materi barisan dan deret aritmatika; 2). Kemampuan Logika Berpikir Siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check pada materi barisan dan deret aritmatika; 3). Kemampuan Kemampuan Kreativitas Siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check pada materi barisan dan deret aritmatika; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan Logika Berpikir dan Kemampuan Kreativitas siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Logika Berpikir dan Kemampuan Kreativitas siswa lebih sesuai diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe pair check.