Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Materi Adawatul Madrasiyah di Kelas VII 3 MTs Cerdas Murni Tembung

Main Author: SA’ADAH, NUR
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7893/1/skripsi%20b.arab.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7893/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab (2) Hasil belajar siswa setelah penggunaan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 MTs Cerdas Murni Tembung yang berjumlah 32 orang. Perlakuan yang diberikan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada pelajaran bahasa Arab materi Adawatul Madrasiyyah. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab materi Adawatul Madrasiyah. Pada saat Pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 43 dengan tingkat ketuntasan 31,25% dan pada saat siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 6,0 dengan tingkat ketuntasan 50% sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 8,18 dengan tingkat ketuntasan 78,12% adapun selanjutnya pada siklus III memperoleh nilai rata-rata sebesar 9,40 dengan tingkat ketuntasan 93,75%.