Penerapan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru Di Mts Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Main Author: Dewi, Lusi Wisfa
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7815/1/Skripsi%20Lusi%20Wisfa%20Dewi.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7815/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistik, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini memaparkan secara apa adanya yang bersifat deskriptif, dengan 3 subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru bahasa indonesia dan guru matematika. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung meliputi: 1) penerapan komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Al-Jam’iyatul Washiyah Tembung telah terlaksana secara rutin dan berkesinambungan. Komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru diaksanakan dalam bentuk konsultasi langsung (bertatap muka) atau menggunakan media (handphone) yang dimanfaatkan dalam memberikan tugas. 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, kepala sekolah melakukan kelompok kerja guru (KKG), mengadakan pelatihan (Diklat). 3) faktor pendukung pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: iklim komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru, media komunikasi sudah tersedia serta loyalitas dan dedikasi dari masing-masing guru. Faktor penghambat pelaksanaan komunikasi interpersonal yaitu: hambatan pekerjaan dari kepala sekolah dan masing-masing guru sehingga sulit menentukan waktu yang pas untuk menentukan waktu pelaksanaan komunikasi interpersonal.