Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Yang di Ajar Dengan Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajara Berbasis Masalah di MA Tahfizhil Qur’an Islamic Centre Sumatera Utara T.P. 2018-2019
Main Author: | Utami, Sri Ulfa |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7813/1/FIX%20SKRIPSI%20BAIM.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7813/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) mengetahui perbedaan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah, (2) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan (3) untuk mengetahui proses jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dan siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MA Tahfizhil Qur’an Islamic Centre. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis varian dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan kontekstual. (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa antara siswa yang diberi pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. (3) Proses jawaban siswa pada tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibanding proses jawaban siswa kelas pembelajaran kontekstual.