Pengaruh Model Pembelajaran Kooperati Tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAS Hidayatullah Subulussalam T.A 2019-2020
Main Author: | Apsah, Apsah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7807/1/APSAH%20FIX1.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7807/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperati tipe Inside Outside Circle dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa kelas X SMAS Hidayatullah Subulussalam T.A 2019-2020 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAS Hidayatullah yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dan numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. 2) Tidak terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dan numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis 3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dan numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis.