Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Ekspositori Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Syafitri, Desi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7804/1/DESI%20SYAFITRI%20%2035154185.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7804/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Ekspositori di Kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang yang terdiri dari 7 kelas, sedangkan sampelnya 30 siswa kelas eksperimen 1 dan 30 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan terdiri dari; tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan : 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang.2)Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Koopertif tipe STAD dengan model pembelajaran ekspositori kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran ekspositori kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa lebih sesuai diajarkan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD daripada model Pembelajaran Ekspositori.