Penerapan Active Learning Strategi Konstruktivisme Pada Pembelajaran Alqur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhan Batu
Main Author: | Aisah, Siti |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7789/1/tesis%20fis.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7789/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diajukan, yakni bagaimana: (1) persiapan guru Alqur’an Hadis dalam menerapkan strategi pembelajaran konstruktivisme di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu? (2) penerapan langkah-langkah guru Alqur’an Hadis menerapkan strategi pembelajaran konstruktivisme di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu? (3) keterlibatan siswa dalam pembelajaran Alqur’an Hadis menggunakan strategi pembelajaran konstruktivisme di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu? (4) kendala atau hambatan guru Alqur’an Hadis dalam menerapkan strategi pembelajaran konstruktivisme di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu?, dan (5) efektifitas dan hasil pembelajaran Alqur’an Hadis dari penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu? Subjek penelitian ini adalah guru Alqur’an Hadis berjumlah 2 dua orang yang masa kerjanya di atas lima tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan sebagaimana direkomendasikan Miles dan huberman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran Alqur’an Hadis telah dilaksanakan guru di MTs. Negeri 2 Labuhanbatu. Pertama, guru telah melakukan persiapan sebelum melakukan aktivitas mengajar dalam bentuk penyusunan silabus dan RPP yang sebelumnya telah divalidasi (diperiksa) oleh kepada madrasah. Kedua, penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran telah dilakukan, namun dari keempat langkah strategi pembelajaran konstruktivisme itu belum sepenuhnya diterapkan dengan baik. Ketiga, keterlibatan siswa dalam pembelajaran cenderung aktif dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Keempat, kendala atau hambatan yang ditemui guru berkaitan dengan keadaan dan kelengkapan sumber belajar dan media. Kelima, efektifitas dan hasil belajar siswa meningkat yang dapat dilihat dari perolehan nilai ketuntasan belajar mereka. Berdasarkan hasil analisis di atas maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa bidang studi Alqur’an Hadis perlu dilakukan dengan cara menerapkan strategi pembelajaran konstruktivisme dengan mempedomani dan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan.