Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Di Pondok Pesantren Darussalam Simpang Limun Desa Bangai (Labusel)

Main Author: Siregar, Nurana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7776/1/SKRIPSI%20Nur%20ana%20siregar.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7776/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di Pondok Pesantren Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik studi dokumen kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bentuk supervisi kepala madrasah di Pondok Pesantren Darussalam adalah beliau menggunakan supervisi akademik, yang dilakukan untuk memantau, mengetahui guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Teknik yang dilakukan dalam supervisi kepala madrasah melalui kunjungan kelas; observasi kelas; mengadakan pertemuan (rapat). Kepala madrasah menggunakan karakteristik demokratis yang mana melalui musyawarah, berkerjasama, dan mengambil keputusan dari pedapat-pendapat guru. Komunikasi beliau dengan guru sangat baik seperti menyapa, dan bercanda dengan guru.