Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dan Strategi Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2018-2019
Main Author: | Nadhira, Nadhira |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7773/1/SKRIPSI%20NADHIRA.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7773/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan Strategi Cooperative Script lebih berpengaruh daripada diajar dengan Strategi Problem Based Learning; 2)Mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan Strategi Cooperative Script lebih berpengaruh daripada diajar dengan Strategi Problem Based Learning; 3)Mengetahui bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis yang diajar dengan Strategi Cooperative Script lebih berpengaruh daripada diajar dengan Strategi Problem Based Learning. 4)Mengetahui interaksi antara Strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2018-2019 yang terdiri dari 3 kelas dan berjumlah 104 siswa akan dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur. Hasil Temuan ini menunjukkan:1)Kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan Strategi Cooperative Script lebih berpengaruh daripada diajar dengan Strategi Problem Based Learning; 2)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan Strategi Cooperative Script tidak lebih berpengaruh daripada siswa yang diajar dengan Strategi Problem Based Learning; 3)Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan Strategi Cooperative Script lebih berpengaruh daripada diajar dengan Strategi Problem Based Learning; 4)Terdapat interaksi antara Strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa.