Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Dan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas XI SMA PAB 6 Helvetia T.P. 2019-2020

Main Author: Ritonga, Nurmasitoh
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7746/1/NURMASITOH%20RITONGA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7746/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended dan model pembelajaran Missouri Mathematic Project terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah di kelas XI SMA PAB 6 Helvetia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA PAB 6 Helvetia yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 100 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri dari kelaas eksperimen-1 dan kelas eksperimen-2. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended dan model pembelajaran Missouri Mathematic Project terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas XI SMA PAB 6 Helvetia. Hal tersebut ditunjukkan dengan masing-masing nilai hipotesis menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak.