Peran Guru BK Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MAN 1 LABURA

Main Author: Andriani, Henni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7744/1/BISMILLAH%20SKRIPSI%20HENNI%20burning%20perpustakaan.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7744/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualititatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan untuk memperoleh data penelitian dibagi menjadi dua macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah 1. Bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa di MAN 1 Labuhan Batu Utara, 2. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ketidakpercayaan diri siswa di MAN 1 Labuhan Batu Utara, 3. Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MAN 1 Labuhan Batu Utara, 4. Bagaimana peran guru BK dalam mengembangkan rasa percaya diri siswa di MAN 1 Labuhan Batu Utara. Layanan bimbingan kelompok penting dilaksanakan disekolah karena sesuai dengan berbagai kebutuhan siswa sendiri seperti mengembangkan rasa percaya diri siswa. Sesuai dengan tujuan layanan bimbingan kelompok yakni memberi pelatihan kepadasiswa agar memiliki keberanian dalam menyampaikan pendapatnya didepan umum yang kemudian menghantarkan siswa mencapai keberhasilan belajar sesuai dengan yang diinginkannya.