Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape) Dari Kardus Bekas Di TK Nurul Hidayah Kelompok B Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: MJ, Merma Santika
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7722/1/SKRIPSI%20FIX%20LUX.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B sebelum menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas, 2) kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B setelah digunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas, 3) respon anak menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 13 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk checklist dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B sebelum menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas, diperoleh nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 17,95% berada pada kriteria belum berkembang. (2) perkembangan kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B setelah digunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas, pada siklus 1 diperoleh nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 48,72% berada pada kriteria mulai berkembang. Karna belum mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditentukan maka perlu dilanjutkan ke siklus II. (3) Pada siklus II terjadi peningkatan perkembangan yang sangat signifikan terhadap respon anak menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Nurul Hidayah kelompok B diperoleh nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,18% berada pada kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif dari kardus bekas dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Nurul Hidayah.