Efektivitas Pembelajaran Penanaman Nilai-Nilai Karakter Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri 16 Medan

Main Author: Kalsum, Syahtrida
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7702/1/TESIS%20SYAHTRIDA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7702/
Daftar Isi:
  • Karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan dewasa ini. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan pada siswa di SMP adalah karakter sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Fenomena karakter sosial yang terjadi pada siswa di SMP Negeri 16 Medan. 2) Kegiatan guru PAI merencanakan Pembelajaran Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter sosial pada siswa di SMP negeri 16 Medan. 3) pelaksanaan pembelajaran Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter sosial pada siswa di SMP Negeri 16 Medan, dan 4) Evaluasi Pembelajaran Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter sosial pada siswa di SMP Negeri 16 Medan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 16 Medan. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Fenomena karakter sosial yang ditampilkan siswa di SMP Negeri 16 Medan adalah kepedulian, kesantunan, menghargai keberagaman, dan kepatuhan terhadap aturan sosial yang berlaku di sekolah, 2) Perencanaan pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI pada pembelajaran PAI dalam penanaman nilai-nilai karakter sosial di SMP Negeri 16 Medan adalah dengan menyususn RPP pada awal semester dengan mempertimbangkan standar kompetensi, kompetensi inti, visi misi dan tujuan sekolah serta kebutuhan siswa, istilah siswa, dan aktivitas yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru PAI menyusun RPP pada awal semester dan dilaporkan pada rapat guru untuk mendapatkan masukan dari teman sejawat dan kepala sekolah, 3) pelaksanaan pembelajaran PAI dalam penanaman nilai-nilai karakter sosial siswa di SMP Negeri 16 Medan dilakukan dengan metode pembelajaran keteladanan, bermain peran, pemberian contoh, ceramah, diskusi, dan observasi. Metode pembelajaran yang digunakan menarik untuk diikuti siswa, dan siswa dapat secara antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan, dan 4) evaluasi pembelajaran terhadap pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri 16 Medan dilaksanakan dengan ulangan harian, pemberian PR, UTS, dan UAS. Dalam pelaksanaannya, siswa memperoleh nilai yang tinggi di atas nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 85.