Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Representasi Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Learning Cycle dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di MAN 1 Medan T.P. 2018/2019

Main Author: Ningsih, Septia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7684/1/Septia%20Ningsih%20pdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7684/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD); 1. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD); (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD); (4) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 900 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa yaitu 43 siswa dari kelas X IPA 1 dan 43 siswa dari kelas X IPA 3. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dengan taraf signifikansi (α = 0,05). Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 4,900 > Ftabel dengan taraf (α = 0,05) = 3,968. yang mengakibatkan ditolaknya H0 diterima Ha. (2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) i pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 6,590 Ftabel dengan taraf (α = 0,05) = 3,968 yang mengakibatkan ditolaknya H0 diterima Ha. (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 15,437 Ftabel dengan taraf (α = 0,05) = 3,968 yang mengakibatkan ditolaknya H0 diterima Ha. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle dan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Terbukti pada hasil analisis uji F pada rangkuman hasil ANAVA, dimana diperoleh nilai Fhitung = 0,108 < Ftabel dengan taraf (α = 0,05) = 3,968 yang mengakibatkan ditolaknya Ha diterima H0.