Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Mudharabah (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Tomang Elok Medan)

Main Author: Siregar, Siti Holijah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7582/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7582/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menemukan adanya pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini diadakan di Bank Syariah Mandiri KCP. Tomang Elok Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan mudharabah Bank Syariah Mandiri KCP. Tomang Elok Medan yang berjumlah 94 responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Metode penentuan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai R - square sebesar 51,6%. Artinya 51,6% variabel kepuasan nasabah tabungan mudharabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan bagi hasil. Sisanya sebesar 49,4% dijelaskan oleh variabel lain. Hal ini menunjukkan bahwa variabel – variabel bebas yang terdiri dari kualitas pelayanan dan bagi hasil mempunyai hubungan dengan variabel kepuasan nasabah tabungan mudharabah. Hasil pengujian secara parsial membuktikan bahwa, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keuasan nasabah tabungan mudharabah. Variabel bagi hasil juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan mudharabah. Hasil pengujuan secara simulatan, semua variabel bebas berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikat.