Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal Darul Fazri Desa Laut Dendang Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Salpina, Salpina |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7561/1/Skripsi%20Salpina.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7561/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan Sains Anak (2) Kemampuan Sains Anak menggunakan strategi pembelajaran inkuiri(3) Pengaruh yang signifikan strategi pembelajarn inkuiri terhadap kemampuan sains anak di RA. Darul Fazri T.A. 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 25 Februari 2019, Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok B. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian di kelas eksperimen, diperoleh hasil kemampuan sains anak dengan skor rata-rata pre-test 4 dan skor rata-rata post-test 9 dengan nilai tertinggi post-test 12 dan nilai terendah 4 sehingga kemampuan sains anak dikelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Adapun kemampuan sains anak dikelas kontrol mendapakan skor rata-rata pre test 4,3 dan rata-rata post-test 5,8 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 4. Hal ini juga berdasarkan hasil pengujian hipotesis, yaitu thitung > ttabel dan diperoleh hasil pengujian yaitu 4,38>2,047 dengan angka signifikan sebesar α = 0,05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B Usia 5-6 tahun.