Pengaruh Tangible, Relialibity, Responsiveness, Assurance, Emphaty Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Sun Life Financial Indonesia Cabang Medan

Main Author: Ritonga, Siti Marwah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7548/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7548/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan danpenyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 86 orang yang pernah menggunakan jasa asuransi PT. Sun Life Financial Indonesia Cabang Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Pada uji hipotesis tangible, responsiveness, assurance dan emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan uji hipotesis reliability memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil uji simultan dengan uji F,Maka nilai F tabel dengan df1 = 5, df2 = 80 dan tingkat signifikansi 5% atau 0,05 adalah 2,328. Diketahui nilai F hitung 20,587 > F tabel 2,328 dan nilai Sig adalah 0,000 < 0,05, maka tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.