Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 106158 Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019
Main Author: | Husni, Muhammad |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7529/1/Skripsi%20MUHAMMAD%20HUSNI-PGMI%202015.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7529/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penggunaan Model Role Playingpada mata pelajaran IPS, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siwa kelas V di SD Negeri 106158 Pematang Johar. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas V-A sebagai kelas Eksperimen (dengan menggunakan model Role Playing) dan kelas V-B sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran Konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang dikumpulkan melaui tes Multiple Choice (Pilihan Ganda). Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripstif dan statistik inferensial (Uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Penggunaan model Role Playing pada proses pembelajaran IPS dengan cara siswa bermain peran yang sudah ditentukan oleh guru topik/masalahnya untuk dipecahkan bersama oleh siswa. pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing, siswa melakukan kerjasama untuk memainkan perannya masing-masing, setelah itu masing-masing kelompok yang menjadi penonton maju untuk membacakan dan mempresentasikan kesimpulannya. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 106158 Pematang Johar pada kelas V-A (Eksperimen) yang diberikan perlakuan menggunakan model Role Playing memperoleh nilai rata-rata Post-Test = 85,29 dan hasil belajar siswa kelas V-B (Kontrol) yangdiberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 76,02. 3) Berdasarkan hasil uji-t dimana diperoleh thitung>ttabel 1,739 > 1,690 (n=34) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak H0 , maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 106158 Pematang Johar.