Peran Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 3 Binjai
Main Author: | Ardianto, Heru |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7493/1/Heru%20ardianto%20Skripsi%20PDF.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7493/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Untuk mengetahui profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 3 Binjai; 2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) profesionalitas guru PAI meliputi kemampuan pedagogik; dapat dilihat dari landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Kemampuan kepribadian; dapat dilihat dari perilaku disiplin guru, berakhlak mulia, berwibawa, bertanggung jawab dan profesional dalam bertindak. Kemampuan sosial; dapat dilihat dari kemampuan komunikasi yang baik dengan kepala sekolah, sesama guru, orang tua siswa dan masyarakat. Kemampuan profesional; dapat dilihat dari kemampuan guru dalam memahami jenis materi pembelajaran, mengorganisasikan materi pelajaran dan mendaya gunakan sumber belajar. (2) upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama dapat dilihat dari upaya guru PAI dalam mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, memotifasi dan memberikan arahan yang membangun, dan berprilaku layaknya seorang guru yang profesional dalam bertindak dan berbuat.