Nilai-Nilai Pendidikan Perempuan Dalam Tafsir Al-Maraghi (Kajian Q.S An-Nisa’ Ayat 34-36, Q.S Al-Ahzab Ayat 59 Dan Q.S An-Nur Ayat 31)
Main Author: | Pasaribu, Muriyah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7474/1/TESIS.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7474/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)Bagaimana Musthofa al-Maraghi menafsirkan ayat-ayat tentang perempuan? 2)Apa nilai-nilai pendidikan perempuan berdasarkan penafsiran Musthofa al-Maraghi dan 3)Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan perempuan yang terdapat dalam Alquran dengan kondisi masyarakat saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan tafsir tahlili dengan menggunakan sumber primernya ialah Alquran. Di antara buku tafsir yang digunakan ialah tafsir al-Maraghi karya Ahmad bin Mustafa al-Maraghi dan para mufassir lainnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Musthofa al-Maraghi menafsirkan ayat-ayat tentang perempuan dengan cara: potongan-potongan ayat, makna ijmal, memberikan makna kata-kata yang sulit. Nilai pendidikan perempuan berdasarkan penafsiran Musthofa al-Maraghi adalah: Nilai aqidah, nilai syari’ah, dan nilai akhlak. Relevansi nilai-nilai pendidikan perempuan pada poin dua di atas memiliki korelasi yang signifikan dengan kondisi perempuan di dalam masyarakat saat ini khususnya dalam hal belajar mengajar seperti tidak menutup aurat, menuntut emansipasi yang berlebihan dan mengikuti pergaulan bebas. Olehkarenaitu, ketiganilai di atasharusdisinergikkanketikamelalukan proses belajardanmengajar