Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa di MTs Negeri 3 Helvetia Medan T.P 2017-2018

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7462/1/NURHAYATI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7462/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani Kesulitan Belajar Siswa di MTs Negeri 3 Helvetia Medan”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur, analisis berinteraksi yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) Peran guru BK dalam menangani kesulitan belajar siswa di MTs Negeri 3 Helvetia Medan sudah berperan dengan baik.2) Bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa pada bidang studi Matematika, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris .3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat peran guru BK dalam menangani kesulitan belajar yang dialami siswa adalah dengan adanya bentuk kerjasama yang terjalin antara guru BK dengan personil sekolah seperti, kepala sekolah, WKM III bid. Kesiswaan, guru mata pelajaran, beserta orang tua siswa. Kemudian guru BK memberikan perhatian khusus kepada siswa dalam membimbing dan memotivasi mereka yang mengalami kesulitan belajar sehingga siswa tersebut termotivasi untuk merubah cara belajarnya menjadi lebih baik lagi. Adapun faktor penghambat peran guru BK dalam menangani kesulitan belajar siswa disebabkan karena faktor siswa itu sendiri yang masi enggan untuk menyampaikan masalahnya dengan guru BK.