Kontribusi Stabilitas Emosi dan Kompetensi Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru Di MAN Kabupaten Bener Meriah

Main Author: Syarif, Muhammad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7330/1/TESIS%20FIX.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7330/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi stabilitas emosi terhadap kepuasan kerja guru, (2) kontribusi kompetensi diri terhadap kepuasan kerja guru, (3) kontribusi stabilitas emosi dan kompetensi diri terhadap kepuasan kerja guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ex-post Facto. Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bener Meriah, dimana terdapat tiga sekolah negeri yaitu MAN I Bener Meriah, MAN II Bener Meriah, dan MAN III Bener Meriah. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru MAN di Kabupaten Bener Meriah dengan jumlah 94 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket secara tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data meliputi: (1) Uji validitas dan reliabilitas. (2) Uji normalitas, linearitas, dan homogenitas. (3) Analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan stabilitas emosi terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai kekuatan kontribusi sebesar 0,530 atau 53,0%. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kompetensi diri terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai kekuatan kontribusi sebesar 0,664 atau 66,4%. (3) Terdapat kontribusi positif dan signifikan stabilitas emosi dan kompetensi diri terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai kekuatan kontribusi sebesar 0,749 atau 74,9 %.