Perhatian Guru Bimbingan Konseling Terhadap Minat Siswa Melakukan Proses Konseling Di Yayasan Pinta Harapan SMP Swasta Nur Ihsan Medan

Main Author: Mawaddah, Ida
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7272/1/IDA%20MAWADDAH%20%2833151031%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7272/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui perhatian guru BK terhadap minat siswa melanjutkan proses konseling, upaya-upaya apa saja yang dilakukan Guru BK terhadap minat siswa melanjukan proses konseling, Untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami Guru BK terhadap minat siswa melanjutkan proses konseling di sekolah Yayayasn Pinta Harapan SMP Swasa Nur Ihsan. Adapun metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah orang yang dijadikan sampel dalam suatu penelitian yaitu Kepala sekolah, 1 Guru BK dan beberapa Siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan yaitu reduksi data (pengumpulan data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan kredebilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian adalah Perhatian guru BK terhadap minat siswa melanjutkan Proses konseling. Adapun Kendala-kendala yang dihadapi guru BK dalam melakukan proses konseling yaitu Pandangan siswa terhadap BK sangat buruk, Kurangnya fasilitas BK di sekolah tersebut, Tidak adanya jam khusus masuk kelas untuk BK. Dan Solusi dalam penanganan kendala-kendala yang ada di sekolah diantaranya Pemberian penjelasan bagaimana BK yang semestinya, dan BK itu selaluterbuka dengan berbagai permasalah yang dihadapi siswa-siswanya. Komunikasi antar warga sekolah.