Profesionalisme Tenaga Kependidikan Dalam Pelaksaaan Administrasi Pendidikan Di MTs Negeri 2 Medan

Main Author: Ginting, Nursya’adah Br
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7224/1/SKRIPSI%20TTDdocx.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7224/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme tenaga kependidikan, pelaksanaan administrasi pendidikan, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan administrasi pendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Medan. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, kepala tata usaha dan 2 orang staff tata usaha. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penjamin keabsahan data dalam penelitian ini yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Profesionalisme tenaga kependidikan hanya memenuhi tiga standar kompetensi tenaga administrasi pendidikan, 2) Pelaksanaan administrasi yang dilakukan yaitu pengeolaan surat masuk dan surat keluar dan pengarsipan yang dilakukan di setiap akhir bulan, dan 3) Faktor pendukung profesionalisme tenaga kependidikan adalah fasilitas yang memadai, kompetensi dan kemampuan yang mereka miliki guna menunjang pelaksanaan administrasi. Faktor pengahambat profesionalisme tenaga kependidikan adalah permintaan guru-guru yang menganggu pekerjaan yang seharus nya diselesaikan dengan tepat waktu, dan terdapat mis communication antar pegawai. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam profesionalisme tenaga kependidikan harus memenuhi standar kompetensi tenaga kependidikan agar pelaksanaan administrasi dapat berjalan dengan efektif dan efesien.