Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa MTs PAB 1 Helvetia Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang T.P 2017/2018

Main Author: Wahyuni, Sri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7197/1/SRI%20WAHYUNI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7197/
Daftar Isi:
  • Think Pair Share Adalah pembelajaran kooperatif atau kelompok yang memberikan siswa waktu untuk lebih banyak berfikir secara sendiri, berdiskusi dengan pasangan, saling membantu dalam kelompok, dan diberi kesempatan untuk berbagi dengan siswa yang lain dalam diskusi kelas. Motivasi adalah perubahan energy dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa MTs PAB 1 Helvetia Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Berdasarkan penyajian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara thitung dengan ttabel. Hasil analisis statistik dengan uji t diperoleh thitung = 6,633 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,660 Dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6,633 > 1,660 maka H0ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, temuan hipotesis memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar matematika siswa MTs PAB 1 Helvetia Kec. Labuhan Deli Kab. Deli Serdang pada tahun pelajaran 2017/2018.