Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi Guided Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017
Main Author: | Dhamayanti, Fitri Nur |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7178/1/SKRIPSI%20FITRI%20NUR%20DHAMAYANTI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7178/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs. Al-Washliyah Tembung melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, peneliti menggunakan lembar observasi fakta pembelajaran dan tes hasil belajar matematika siswa secara individu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 MTs. Al-Washliyah Tembung yang berjumlah 38 orang dan semua siswa terdiri dari perempuan. Sebelum pemberian tindakan, persentase ketuntasan klasikal diperoleh 28,95% (11 siswa) dengan rata-rata penguasaan siswa 51,31%. Setelah pemberian tindakan pembelajaran melalui strategi guided teaching, tes hasil belajar matematika siswa pada siklus I, persentase ketuntasan klasikal diperoleh 55,26% (21 siswa) dengan rata-rata penguasaan siswa 64,74%. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II, persentase ketuntasan klasikal diperoleh 86,84% (33 siswa) dengan rata-rata penguasaan siswa 74,74%. Sehingga dari kondisi sebelum diberi tindakan hingga perbaikan siklus diperoleh peningkatan sebesar 57,89%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi guided teaching di kelas VIII-5 Al-Washliyah Tembung