Pengaruh Model (CIRC) Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 104231 Desa Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019

Main Author: Oktaviani, Sri Rahayu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7166/1/BURNING%20PDF%20KOSONG.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7166/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 104231 Batang Kuis. Jenis penelitian ini berupa kuantitatif eksperimen, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104231 Batang Kuis T.A 2018/2019 pada semester 2 sebanyak 35 siswa pada kelas kontrol dan 32 siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh, analisis data dan pengujian hipotesis serta permaslahan yang dirumuskan maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) dari 6 teks wacana diperoleh rata-rata sebesar 79,53, dengan varians 187,60 dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 50. Jauh berbeda dari pemahaman dikelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah wacana yang sama yaitu 6 wacana diperoleh rata-rata sebesar 65,29 dengan varians 154,45 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 40. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 104231 Batang Kuis yang dapat dibuktikan dengan hasil yang diperoleh pada uji t yaitu thitung > ttabel yaitu 4,639 >1,664.