Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri TanjungBalai

Main Author: Hasibuan, Merry Andriany
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7134/1/MERRY%20ANDRIANY%20HASIBUAN%20TESIS.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7134/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program bimbingan dan konseling yang melingkupi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan/evaluasi program di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungbalai. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan data, informasi dan keterangan yang ditemukan dari lapangan dengan mengamati keadaan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling yang memiliki latar belakang pendidikan bimbingan dan konseling. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini melibatkan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bagian Kurikulum, Guru Bimbingan dan Konseling serta Peserta Didik sebagai informan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles and Hubberman sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan belum terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan dengan program bimbingan dan konseling yang tidak berdasarkan dengan analisis kebutuhan peserta didik, 2. Pengorganisasian terlaksana cukup baik dengan adanya pembagian tugas kerja, namun dalam pembagian tersebut rasio guru bimbingan dan konseling tidak sesuai dengan jumlah peserta didik, 3. Pelaksanaan kegiatan belum terlaksana dengan baik disebabkan banyaknya mata pelajaran di tingkat madrasah sehingga tidak adanya alokasi waktu untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling, namun dalam pelaksanaannya dilaksanakan secara insidental atau dengan berkoordinasi dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan, 4. Pengawasan/evaluasi tidak terlaksana dengan baik disebabkan tidak adanya pengawas bimbingan dan konseling di tingkat madrasah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu agar pihak madrasah lebih memahami kegiatan bimbingan dan konseling dengan memberikan fasilitas pendukung agar program yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.