Peran Kepala Madrasah Dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs Negeri 2 Medan

Main Author: Irwanuddin, Irwanuddin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7128/1/SKRIPSI%20IRWANUDDIN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7128/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran kepala madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/M, 2) Penerapan manajemen berbasis sekolah/madrasah 3) Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah/madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah/madrasah (MBS/M). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik terhadap informan dengan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Langkah menanalisis data yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data penelitian ini dengan menguji credibility (terpercaya), transferbility (keteralihan), dependability (ketergantungan) dan confirmability (ketegasan/kepastian). Dalam hal ini yang terjaring informan peneliti yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah berjumlah 2 (dua) orang, staf 2 (dua) orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan atau mendeskripsikan 3 temuan yaitu: 1) Dalam melaksanakan perannya sebagai kepala madrasah melaksanakannya dengan baik dalam menjalankan peran dan tugasnya, kepala madrasah sebagai educator, kepala madrasah sebagai manager, kepala madrasah sebagai administrator, kepala madrasah sebagai supervisor, kepala madrasah sebagai leader, kepala madrasah sebagai inovator, serta kepala madrasah sebagai motivator. 2) Faktor pendukung dan penghambat adanya kesadaran guru komite dan staf bahkan masyarakat dalam pentingnya manajemen berbasis madrasah dalam menjalankan tugasnya, walaupun tidak sepenuhnya pelaku MBS hadir akan tetai semua masalah yang ada terselesaikan dengan baik. Faktor penghambat yang dihadapi yaitu apabila mengadakan rapat kadang tidak semua yang terlibat dalam MBS hadir karena ada urusan-urusan lain. Namun, kepala madrasah dapat memanfaatkan faktor pendukung dan beberapa anggota yang ada dapat diselesaikan dengan baik. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan atau menjalankan manajemen berbasis sekolah/ madrasah maka kepala madrasah harus memiliki peran dan tanggung jawab yang kuat serta melakukan kerjasama antara bawahan bahkan masyarakat ikut terlibat didalamnya agar MBS tersebut berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan.