Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di MIS UMMI Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Tiara, Arizka Intan |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7123/1/SKRIPSI%20ARIZKA%20INTAN%20TIARA.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7123/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa – siswa kelas V MIS UMMI Kec. Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang sebelum diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.2) Untuk mengetahui hasil siswa – siswa kelas VMIS UMMI Kec. Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang sesudah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Ummi Lubuk Pakam yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPS dalam bentuk pilihan ganda dengan materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu, tes pra tindakan (pre test), tes hasil belajar I (post test I), dan tes hasil belajar II (post test II). Berdasarkan hasil penelitian pada tes awal (pre test) di kelas V MIS Ummi Lubuk Pakam persentase ketuntasan klasikal diperoleh 34,8% (8 siswa). Kemudian setelah diberikan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 65,2% (15 siswa). Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 95,6% (22 siswa). Dari hasil tes belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIS Ummi Lubuk Pakam tahun ajaran 2018/2019.