Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kisah ‘Uzair (Analisis Kajian Surah Al-Baqarah Ayat 259 dan At-Taubah Ayat 30)

Main Author: Sari, Dedek Dian
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7091/1/TesisDedekDianSari.pdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7091/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis teks Alquran melalui tafsir Alquran, yakni pembahasan terhadap informasi dalam Alquran yang dalam hal ini sumber primernya adalah kitab Alquran dan Kitab Tafsir Alquran dan sumber sekundernya adalah buku-buku yang berhubungan dengan pendidikan Islam dan kisah-kisah para nabi dan rasul. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah ‘Uzair pada Alquran surat al-Baqarah ayat 258 dan at-Taubah ayat 30. Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat 3 (tiga) macam nilai-nilai pendidikan Islam, di antaranya nilai akidah, intelektual, dan akhlak. Semua nilai-nilai ini relevan dengan pendidikan saat ini. Akidah akan mendidik manusia untuk meng-Esakan Allah dan tidak menyekutukanNya serta mengimani nabi dan rasulNya, intelektual akan mendidik manusia untuk menggunakan akalnya dalam berpikir tentang fenomena-fenomena alam, akhlak akan menjadikan manusia memiliki adab dalam pergaulan antar sesama manusia dan lingkungan.