Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Terhadap Prestasi Akademik

Main Author: Azmar, Nora Junita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7090/1/EDIT%20REVISI%20II%20%28NEW%29.docx
http://repository.uinsu.ac.id/7090/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan terhadap prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk menganalisis dari model literasi informasi Seven Pillars of Information Literacy oleh SCONUL (The Society of College, National and University Libraries), yang terdiri dari identify, scope, plan, gather, evaluate, manage dan present. Penelitian dilakukan dengan responden Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dengan populasi sebanyak 341 mahasiswa dan menggunakan metode sampel acak stratifikasi (Stratified Random Sample) sehingga didapatkan sampel sebanyak 77 mahasiswa dari seluruh semester. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan literasi informasi terhadap prestasi akademik adalah cukup signifikan dengan nilai pengaruh sebesar 27% yang bernilai positif.