Pengaruh Permainan Simak-Ulang Ucap Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di RA As-Syafi’iyah Jalan Suka Tari No. 12 Kelurahan Suka Maju

Main Author: Kautsar, Cynthia Fitri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7084/1/CYNTHIA%20FITRI%20KAUTSAR.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7084/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh permainan simak-ulang ucap terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah; 2) pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah; 3) perbedaan pengaruh permainan simak-ulang ucap dengan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen design, menggunakan satu kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 22 anak. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah sampel 11 anak kelas eksperimen dan 11 anak kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh permainan simak-ulang ucap terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata test 6,6 menjadi 15,3 yang berjumlah 11 anak; 2) adanya pengaruh menggunakan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata test 5,1 menjadi 11 yang berjumlah 11 anak; 3) adanya perbedaan pengaruh antara permainan simak-ulang ucap dengan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di RA As-Syafi’iyah dilihat dari nilai thitung = 14,0988 > ttabel = 2,086.