Penerapan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membandingkan Isi Dua Teks Yang Dibaca Dengan Membaca Sekilas Di Kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Nasution, Izny Anzizari |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/7059/1/IZNY%20ANZIZARI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/7059/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan metode Latihan pada materi Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas di kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis. 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis sebelum diterapkannya metode Latihan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. 3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis setelah diterapkannya metode Latihan pada materi Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas di kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batang Kuis. 4) Apakah meningkatnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 105322 Desa Mesjid Kecamatan Batag Kuis.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil Pree Testterdapat rata-rata 48,125 dengan ketuntasan klasikal 31,25%. Pada Siklus I rata-rata hasil belajar 64,375 dengan ketuntasan klasikal mencapai 62,5%. Dan pada Siklus II rata-rata hasil belajar 74,375 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasilbelajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran melalui penerapan metode Latihan.