Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dikelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan T.P. 2014/2015

Main Author: Sari, Juwita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/7004/1/JUWITA%20SARI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/7004/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 20 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap akhir siklus diberi tes hasil belajar siswa berbentuk isian yang telah melakukan proses validasi. Sebelum melakukan penelitian, peneliti terlebih dahulumelakukan pra-penelitian dengan memberikan tes kemampuan awal kepada siswa yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Berdasarkan hasil analisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60% (12 siswa yang lulus) dan meningkat menjadi 85% (17 siswa yang lulus) pada siklus II. Dari hasil penelitian kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran.