Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Yayasan Perguruan Utama Medan

Main Author: Ramadhanti, Linda
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6967/1/skripsi%20Linda.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6967/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a. perencanaan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan; b. pengorganisasian tenaga pedidik dalam meningkatkan mutu pendidikan; c. pelaksanaan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan; d. pengawasan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan; e. faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang telah didapat dilapangan. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan, dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan lima temuan yaitu: a. perencanaan tenaga pendidik yaitu melakukan pengadaan tenaga pendidik dengan menganalisis bentuk pekerjaan, tugas dan jabatan yang dibutuhkan, dan merekrut tenaga pendidik dengan menyebarluaskan pengumuman, penerimaannya tanpa adanya seleksi; b. pengorganisasian tenaga pendidik yaitu pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab berdasarkan bagian dan bidang masing-masing; c. pelaksanaan rencana tenaga pendidik dilaksanakan sesuai rencana yang disusun, kepala sekolah memberi arahan dan motivai kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas kerja; d. pengawasan tenaga pendidik kepala sekolah mengawasi guru setiap bulannya dan membuat data kehadiran guru; e. faktor penghambat manajemen tenaga pendidik adalah kurangnya minat guru dalam mengikuti pelatihan, kurang disiplin dalam menjalankan tugas, dan minimnya pengadaan guru disekolah. Faktor pendukung adalah memiliki tenaga pendidik strata I, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai serta saling kerja sama dalam meningkatlan mutu pendidikan.