Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Di RA Al-MUSHTHAFAWIYAH Jl Taud No 27 A Medan Kec. Medan Tembung Kab. Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Main Author: | Supiyani, Titi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6906/1/SKRIPSI%20titi%20supianii.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6906/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun sebelum dilakukan metode bercerita di RA Al-Mushthafawiyah, 2) Pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di RA Al-Mushthafawiyah, 3) Kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di RA Al-Mushthafawiyah Tahun Ajaran 2018-2019. Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 19 anak usia 5-6 tahun. Islam Terpadu Al-Mushthafawiyah Jl Taud No 27 A Medan yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 80% anak mengalami peningkatan kecerdasan emosional melalui metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kecerdasan anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bercerita. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan emosional sebesar 7,6%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 12,6% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 17,3%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan emosional anak meningkat adalah: kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan inti dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.