Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Pemerintahan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Pohan, Kholila
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6888/1/SKRIPSI%20KHOLILA%20POHAN.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6888/
Daftar Isi:
  • Laporan keuangan sebagai informasi akuntansi diperlakukan sebagai alat pengambilan keputusan ekonomi dan penilaian kerja sehingga turut menentukan dapat tidaknya suatu organisasi terus berlanjut. Informasi akuntansi yang berkualitas membantu para pengguna informasi dalam membuat keputusan yang bermanfaat. Ketidak utuhan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan akan mengganggu kualitas laporan keuangan terutama aspek relevan dan andal. Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang baik pemerintah daerah harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban pemerintah yang baik dan benar dengan mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintahan yang berlaku umum. Pemerintah Daerah harus memiliki sumberdaya manusia yang mampu menyusun laporan keuangan daerah sesuai dengan PP No 24 Tahun 2005. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pendidikan dan pelatihan aparatur pemerintah daerah yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan. Pendidikan dan pelatihan diarahkan pada peningkatan kompetensi yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman standar akuntansi pemerintahan, pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas laporan keuangan satuan kerja perangkat daerah kabupaten padang lawas. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden yang bekerja sebagai bendahara dan pegawai bagian akuntansi/keuangan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Padang Lawas. Metode penentuan sampel menggunakan metode purpossive sampling. Data diolah dengan menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman standar akuntansi pemerintahan, pendidikan dan pelatihan secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.