Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Musthafawiyah Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Hidayati, nurleli
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6887/1/SKRIPSI%20NURLELI%20HIDAYATI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6887/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 Tahun di RA Al-Musthafawiyah pada kelas eksperimen, (2) mengetahui pengaruh keterampilan proses sains anak usia 5-6 Tahun yang tidak menggunakan metode eksperimen di RA Al-Musthafawiyah pada kelas kontrol, (3) mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di RA Al-Musthafawiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Non Participant Observasion. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknikobservasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu ujinormalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 Tahun di RA Al-Musthafawiyah, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 4,61111 menjadi 10,66667 dengan thitung>ttabel, yaitu18,300>1,68957. (2) Adanya pengaruh metode ceramah/bercerita terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 Tahun di RA Al-Musthafawiyah, terlihat dari rata-rata 2,52632 menjadi 4,52632 dengan thitung > ttabel, yaitu 2,52632 > 4,52632, (3) Tidak ada perbedaan pengaruh metode eksperimen dengan metode ceramah/metode bercerita terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 Tahun di RA Al-Musthafawiyah, terlihat dari uji hipotesis post-test kedua kelas yaitu thitung < ttabel yaitu 0,36000 < 1,68957.