Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Perubahan Lingkungan Menggunakan Strategi Inquiry Di Kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kecamatan Sunggal T.A 2016-2017
Main Author: | Siregar, Sinta Lesmarani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6885/1/SKRIPSI%20SINTA%20LESMARANI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6885/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Hasil belajar sebelum menggunakan strategi pembelajaran Inquiry pada pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan di kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kec. Sunggal.(2). Hasil belajar setelah menggunakan Strategi Inquiry pada pada pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan di kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kec. Sunggal. (3). Penerapan menggunakan strategi Inquiry pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Lingkungan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian dikelas IV teerdiri dari 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 49,54%, siswa yang tuntas sebanyak 30,77% atau 4 siswa. (2) hasil belajar siswa setelah diterapkan Strategi Inquiry pada siklus I nilai rata-rata menjadi 66,54% siswa yang tuntas 53,85% atau menjadi 7 siswa. (3) hasil belajar siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,92% siswa yang tuntas sebanyak 84,62% atau sebanyak 11 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan