Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Balok Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhlas Jalan Pertempuran Bah Bolon Lorong I Medan Estate Tahun Ajaran 2019.

Main Author: Samosir, Miranda Adelina
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6878/1/SKRIPSI%20BAB%20I-V_MIRANDA%20ADELINA%20SAMOSIR.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6878/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhlas Jalan Pertempuran Bah Bolon Medan Estate Tahun Ajaran 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah lembaran observasi dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Balok Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Hal ini dibuktikan melalui data yang diperoleh dari hasil kemampuan mengenal bentuk Geometri anak dengan skor rata-rata pre-test 10,4 dan skor rata-rata post-test 23,06667 dengan nilai tertinggi post-test 26 dan nilai terendah 20 sehingga kemampuan mengenal bentuk geometri anak dikelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Adapun kemampuan mengenal bentuk geometri anak dikelas kontrol mendapakan skor rata-rata pre test 10,93333 dan rata-rata post-test 11,46667 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 7. Hal ini juga berdasarkan hasil pengujian hipotesis, yaitu thitung > ttabel dan diperoleh hasil pengujian yaitu 7,07144>2,131 dengan angka signifikan sebesar α = 0,05.